A. Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi1.2 Melakukan instalasi komponen PC 1.3 Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer 1.4 Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi). 1.5 Menyambung periferal menggunakan Software 1.6 Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal. |
| 2.1 Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi2.2 Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual 2.3 Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling) 2.4 Melakukan troubleshooting. |
| 3.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)3.2 Melaksanakan prosedur K3 3.3 Menerapkan konsep lingkungan hidup 3.4 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan. |
STANDAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia1.2 Menjelaskan multimedia content production 1.3 Menjelaskan multimedia communication. |
| 2.1 Menjelaskan proses pre production multimedia2.2 Menjelaskan proses production multimedia 2.3 Menjelaskan proses post production multimedia. |
| 3.1 Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia3.2 Melakukan perawatan peralatan multimedia 3.3 Membuat kartu perawatan peralatan multimedia. |
| 4.1 Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency4.2 Memeriksa links dan navigasi 4.3 Mengedit informasi sesuai kebutuhan 4.4 Menguji dan memastikan perubahan perubahan. |
| 5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video5.2 Mengoperasikan kamera video 5.3 Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar 5.4 Mengoperasikan kamera 5.5 Menata kabel-kabel kamera 5.6 Mengoperasikan clapper board. |
| 6.1 Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)6.2 Membuat sketsa 6.3 Menggambar perspektif 6.4 Menggambar objek 6.5 Menggambar ilustrasi. |
| 7.1 Menjelaskan syarat animasi7.2 Membuat gambar kunci 7.3 Mengatur dan melengkapi gambar kunci. |
| 8.1 Mendeskripsikan gambar yang asli8.2 Membuat gambar-gambar asli 8.3 Mendeskripsikan gambar tiga dimensi 8.4 Membuat gambar tiga dimensi. |
| 9.1 Mendeskripsikan syarat-syarat animasi9.2 Membuat model warna dan tempat warna. |
10. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia | 10.1 Menggunakan software teks multimedia10.2 Mendesain teks multimedia. |
11. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia | 11.1 Mengedit gambar digital11.2 Menggunakan software grafik multimedia 2D 11.3 Menciptakan design grafik Multimedia 2D 11.4 Menampilkan karya seni digital 2D. |
12. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia | 12.1 Menggunakan kamera digital12.2 Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia 12.3 Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D. |
13. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia | 13.1 Menjabarkan format audio digital13.2 Menggunakan software audio digital 13.3 Merancang audio digital 13.4 Membangun track audio digital. |
14. Membuat story board aplikasi multimedia | 14.1 Mengidentifikasi kebutuhan14.2 Merencanakan alur isi story board 14.3 Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board. |
15. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya. | 15.1 Menjelaskan dasar tata cahaya15.2 Menjelaskan efek cahaya 15.3 Menyiapkan operasi lighting |
16. Menerapkan efek khusus pada objek produksi | 16.1 Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus16.2 Menginstallasi software efek khusus 16.3 Membuat efek khusus pada obyek. |
| 17.1 Menganalisa syarat-syarat proyek17.2 Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan 17.3 Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada 17.4 Membuat proposal 17.5 Membuat pengajuan permohonan tender. |
0 komentar:
Posting Komentar